Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Monitoring Akses Point Dengan Bot Telegram

monitoring perangkat, perangkat Smarthome, monitoring akses point, memanfaatkan Bot Telegram

Monitoring Akses Point Dengan Bot Telegram - Bot Telegram adalah program atau aplikasi yang dapat membuat interaksi dengan pengguna melalui aplikasi Telegram. Bot ini dapat melakukan berbagai tugas seperti memberikan informasi, berkomunikasi dengan pengguna, atau menjalankan tugas tertentu berdasarkan perintah yang diterima dari pengguna. Bot Telegram dapat dikembangkan dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Python, Java, atau JavaScript.

    Kali ini saya akan membahas yaitu memanfaatkan Bot Telegram untuk memantau keadaan akses point saya dirumah. Bagi pengusaha rt/rw net pemantauan akses point sangat bermanfaat salah satunya yaitu bisa mendapatkan informasi apakah akses point mengalami gangguan atau tidak demi kenyamanan client saat menggunakan hotspot. untuk kalian yang ingin membuat rt/rw net atau wifi hotspot kalian bisa membaca artikel saya yang berjudul Cara Membuat Wifi Voucher Dengan Mikrotik RB941 dan jangan lupa baca juga artikel saya yang berjudul Mengelola Hotspot Mikrotik Dengan Mikhmon karena artikel ini berhubungan dengan 2 artikel diatas yang saya sebutkan.
Selain bermanfaat untuk pengusaha rt/rw net pemantauan akses point untuk rumahan juga sangat bermanfaat salah satunya yaitu untuk mengecek kondisi CCTV, bisa jadi CCTV yang tidak terhubung ke jaringan di sebabkan oleh Akses Point yang tiba tiba bermasalah dan kalian tidak mengetahuinya.

Sebelum membuat Monitoring Akses Point Dengan Bot Telegram sebaiknya ada beberapa alat dan bahan yaitu harus menggunakan Mikrotik dan sudah mempunyai akun telegram serta mengetahui chat id dan membuat bot telegram nya. jika belum mempunyai bot telegram kalian bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Membuat Bot Telegram dan Melihat Chat ID Telegram. Jika semua sudah disiapkan, sekarang kita langsung masuk ke tahapannya.
Jangan lupa disable dhcp server akses point dan berikan ip statik untuk akses pointnya
monitoring perangkat, perangkat Smarthome, monitoring akses point, memanfaatkan Bot Telegram
Gambar 1

 

  • Buka winbox kemudian masuk ke mikrotik
  • Buka menu Netwatch caranya:
  • Tools > Netwatch > Tekan tanda + > Kemudian isi pada menu Host, UP dan Down.
Menu Host :
Host         : Isi dengan IP Address akses point yang akan di monitoring
Interval    : Masukkan jangka waktu router untuk mengirimkan ping untuk mengecek kondisi host.
Time Out : Jangka waktu host akan dianggap down jika ping yang dikirim dari router tidak merespon.

Menu Up isikan dengan script :
:local hh $host
:local bot "isi dengan token bot"
:local chat "isi dengan chat id telegram kalian"
:local datetime "Tanggal: $[/system clock get date] %0AJam: $[/system clock get time]"
/tool fetch url="https://api.telegram.org/bot$bot/sendmessage\?chat_id=$chat&text=$datetime %0ARouter: $hh (Masukkan Pesan yang akan dikirim ke bot telegram) ON" keep-result=no

Menu Down isikan dengan script :
:local hh $host
:local bot "isi dengan token bot"
:local chat "isi dengan id chat telegram kalian"
:local datetime "Tanggal: $[/system clock get date] %0AJam: $[/system clock get time]"
/tool fetch url="https://api.telegram.org/bot$bot/sendmessage\?chat_id=$chat&text=$datetime %0ARouter: $hh (Masukkan Pesan yang akan dikirim ke bot telegram) OFF" keep-result=no
Sebenarnya tidak ada yang berbeda antara script Up dan Down yang membedakan hanya kata ON dan OFF

monitoring perangkat, perangkat Smarthome, monitoring akses point, memanfaatkan Bot Telegram
Gambar 2

Untuk akses point yang digunakan sebagai hotspot, kita harus membuat binding / bypass agar Monitoring dapat dilakukan caranya.

monitoring perangkat, perangkat Smarthome, monitoring akses point, memanfaatkan Bot Telegram
Gambar 3

  • Masuk ke Menu :
  • IP > Hotspot > IP Bindings > Tekan Tanda + > Kemudian isi.
Mac Address : Isi dengan Mac Address perangkat yang ingin di monitoring (dikosongin juga bisa)
Address         : Isi dengan IP Address perangkat sesuai dengan netwatch diatas.
To Address    : Kosongkan saja.
Server            : Pilih all.
Type              : bypassed

Dalam aplikasi Telegram, bot bisa ditemukan melalui pencarian atau menggunakan link undangan tertentu. Setelah bot ditemukan, pengguna dapat berinteraksi dengan bot melalui perintah teks atau tombol yang disediakan. Selain untuk monitoring akses point, kalian juga bisa monitoring perangkat lainnya yang mempunyai IP address ataupun mac address seperti CCTV atau perangkat Smarthome.
Secara keseluruhan, bot Telegram membantu untuk membuat interaksi dengan pengguna lebih efisien dan mempermudah tugas-tugas yang berulang. Demikianlah artikel saya yang berjudul Monitoring Akses Point Dengan Bot Telegram jika artikel ini bermanfaat tolong dibagikan ke teman teman kalian semua agar teman kalian juga tidak ketinggalan informasi seperti ini. Terimakasih sudah berkunjung semoga sehat selalu.

Posting Komentar untuk "Monitoring Akses Point Dengan Bot Telegram"