Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Bot Telegram dan Melihat Chat ID Telegram

Membuat Bot Telegram dan Melihat Chat ID Telegram, penggunaan Bot telegram, Melihat Chat ID Telegram, cara membuat bot telegram, telegram bot
    Membuat Bot Telegram dan Melihat Chat ID Telegram - Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa kehidupan manusia sekarang berkaitan erat dengan gadget, internet, dan sosial media. sosial media sering digunakan untuk bekerja, berkomunikasi dengan teman / keluarga, update status, sampai stalking do'i.
    Telegram merupakan salah satu platform media sosial yang sudah terkenal dan sudah mendunia platform ini mempunyai 500 juta pengguna pada tahun 2021, aplikasi berbasis cloud ini berfokus pada kecepatan dan keamanan serta dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam berkirim pesan teks, video, foto, audio hingga file dengan aman. Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis karena tidak ada iklan dan biaya layanannya.

1.    Membuat Bot Telegram
    Bot telegram merupakan aplikasi pihak ketiga yang berjalan didalam telegram. Pengguna bisa berinteraksi dengan telegram bot dengan mengirimi mereka pesan dan perintah. kalian bisa mengontrol bot menggunakan permintaan HTTPS ke bot api telegram.

Berikut ini hal yang bisa dilakukan oleh bot telegram
  • Bot bisa menjadi pemberi berita terbaru, mengirimkan berita yang relevan kepada kalian.
  • Bisa diintegrasikan dengan layanan yang lain dari pihak luar seperti Gmail bot, Gif bot, IMDB bot, Wiki bot, Music bot, Youtube bot dan Github bot.
  • Menjadi toko dan menerima pembayaran dari pengguna telegram yang lain.
  • Membuat sistem khusus seperti peringatan, perkiraan cuaca, hinggam membuat voting.
  • Membuat game sederhana single player dan multi player.
  • Menjadi bahan skripsi untuk mahasiswa yang sedang tugas akhir dan masih banyak lagi.
Lantas bagaimana cara membuat bot telegram? membuat bot telegram sangat mudah sekali, kamu hanya perlu mengikuti tutorial dibawah ini.
  1. Buka telegram bisa melalui smartphone, web browser, atau aplikasi komputer
  2. Pada menu pencarian ketik "botfather"
  3. Lalu pilih akun botfather yang mempunyai tanda centang
  4. Kemudian ketik pesan /newbot lalu kirim
  5. Please choose a name for yout bot. masukkan nama bot kalian kemudian kirim, contoh namanya serupting
  6. Now let's choose a username for your bot. masukkan username untuk bot kalian dan diakhiri dengan kata "bot", misalnya serupting_bot kemudian kirim
  7. Jika muncul pesan Done! Congratulations on your new bot. selamat kalian sudah berhasil membuat bot telegram. selanjutnya simpan token yang di berikan untuk digunakan sesuai dengan keinignan kalian.
Membuat Bot Telegram dan Melihat Chat ID Telegram, penggunaan Bot telegram, Melihat Chat ID Telegram, cara membuat bot telegram, telegram bot
Gambar 1 Membuat Bot Telegram

2.    Melihat Chat ID Telegram
    Telegram memberikan fitur untuk melihat identitas penggunanya identitas tersebut berupa chat id dan username. Chat id adalah kumpulan angka unik yang dimiliki oleh setiap pengguna telegram gunanya untuk identifikasi akun telegram kalian seperti fungsi nik ktp. sayangnya masih ada orang yang belum tau melihat chat idnya sendiri. padahal sangat mudah untuk mengetahuinya hanya saja kita membutuhkan bantuan bot yang bernama get id bot.
sekarang kita akan melihat  chat id telegram masing-masing caranya:
  • Buka aplikasi telegram di smartphone maupun komputer
  • cari get id bot di kolom pencarian.
  • kemudian pilih akun bot seperti gambar dibawah
  • lalu tekan tombol start. atau ketik /start kemudian kirim.
  • sekarang lihat balasan dari bot tersebut. disitu terdapat pesan terdiri dari Chat id dan username.
  • selesai
Membuat Bot Telegram dan Melihat Chat ID Telegram, penggunaan Bot telegram, Melihat Chat ID Telegram, cara membuat bot telegram, telegram bot
Gambar 2 Melihat Chat ID Telegram

    Mungkin kedepannya akan ada tutorial terkait penggunaan Bot telegram dan chat id telegram, banyak sekali manfaat dari telegram dan botnya. untuk tugas akhir kemarin saya membuat sistem Internet of Things dan digabung dengan bot telegram dan mikrokontroller dari raspberry pi, bagi yang belum tau apa itu raspberry pi bisa membaca artikel saya yang berjudul Raspberry PI Mini PC Yang Bisa Menjadi Mikrokontroller. Lalu pembuatan bot telegram untuk diintegrasikan dengan mikrotik gunanya untuk memnatau keadaan akses point dirumah dan sebagai forum untuk user hotspot. mungkin akan saya buatkan artikel satu persatu doakan agar saya selalu sehat dan murah rezeki. hehehe
    Beberapa orang menggunakan telegram untuk mencari film ataupun music. untuk info yang lebih lengkap kalian bisa mengunjungi situs telegramnya langsung dan membaca artikel disana. Demikianlah artikel saya yang berjudul Membuat Bot Telegram dan Melihat Chat ID Telegram share artikel ini ke teman teman sobat jika bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung semoga sobat semua murah rezeki dan sehat selalu.

Posting Komentar untuk "Membuat Bot Telegram dan Melihat Chat ID Telegram"