Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Unlock Bootloader Xiaomi dan Redmi Note Semua Tipe

Cara Unlock Bootloader Xiaomi
Cara Unlock Bootloader Xiaomi dan Redmi Note Semua Tipe - Bootloader merupakan tahap awal dalam menghidupkan sebuah sistem operasi android seperti pembacaan bios pada komputer. jadi sebelum sistem android dapat menyala sistem akan melakukan booting bootloader terlebih dahulu untuk mengecek emmc, boot, recovery dan komponen software maupun hardwate yang lainnya. Pada awal perilisannya, bootloader pada sistem android secara default dalam keadaan terbuka (unlock). Namun seiring berjalannya waktu vendor smartphone kini memilih untuk melakukan penguncian bootloader (lock bootloader). Tujuan utama dari vendor smartphone untuk mengunci bootloader tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjaga keamanan smartphone yang dijualnya. Beberapa pengguna expert tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Membuka bootloader (unlock bootloader xiaomi) bertujuan untuk memodifikasi sistem seperti melakukan rooting, memasang custom recovery, gonta ganti rom dan masih banyak lagi.
    Untuk membuka bootloader atau unlock bootloader hp xiaomi semua tipe dibutuhkan trik, mau tau caranya? ayo kita kerjakan sekarang.

Syarat untuk unlock bootloader semua tipe xiaomi yaitu :
  • Sudah mengaktifkan opsi pengembang atau developer option dan mengaktifkan USB debugging, kalau belum tau caranya silahkan baca artikel saya yang berjudul Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging di MIUI
  • Sudah mendaftar akun mi serta melakukan verifikasi nomor hp di akun tersebut dan sudah login di perangkat yang akan di buka bootloadernya. untuk membuat akun mi silahkan baca artikel saya yang berjudul Cara Daftar Akun Xiaomi Untuk Smartphone
  • Nomor hp yang di gunakan untuk verifikasi akun mi harus dipakai pada perangkat yang akan di unlock dan nomor tersebut wajib di aktifkan data selulernya tidak boleh menggunakan wifi.
  • Wajib memakai laptop atau komputer dan sudah memasang driver fastboot xiaomi silahkan baca artikel saya judulnya Install Minimal ADB Fastboot dan Driver bisa digunakan untuk windows 10-64bit dan windows 11-64bit
  • Download software unlock bootloader xiaomi disitusnya langsung agar mendapatkan software terbaru linknya disini kemudian ekstrak atau keluarkan file tersebut dari zip.
  • Backup semua data penting dari internal perangkat hp. karena proses unlock bootloader akan menghapus semua data yang ada di internal.
  • Baterai perangkat harus diatas 30 persen untuk jaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.
Jika syarat diatas sudah terpenuhi semua sekarang kita akan pindah ke perangkat, disini saya akan unlock bootloader redmi note 10 (mojito) dan versi miui yang digunakan yaitu 12.5.5 global, Caranya :
  • Masuk ke pengaturan > Akun Mi. Pastikan lagi akun mi yang kalian gunakan sudah sesuai serta nomor hp nya terverifikasi dan mengaktifkan paket data di nomor tersebut (seperti gambar 1).
  • Kembali ke pengaturan > Setelan tambahan > Opsi pengembang. kemudian aktifkan fitur "Membukan Kunci OEM".
  • Pada "Status Mi Unlock" jika muncul pesan peringatan pilih setuju. kemudian klik tombol "Tambah akun dan Perangkat" jika muncul notifikasi "Berhasil ditambahkan. Akun mi tertaut dengan perangkat ini sekarang" selamat kamu berhasil sampai tahap ini.
  • Jika gagal atau error, coba baca baik-baik syarat diatas. barangkali ada  yang terlewat atau jika masih gagal juga coba buat akun mi yang baru.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi
Gambar 1

  • Sekarang pindah ke komputer atau laptop, buka file yang bernama "miflash_unlock" yang sudah di download dan pilih Agree.
  • Kemudian masukkan akun mi yang sama dengan yang terpasang atau tertaut di perangkat tadi kalau sudah lanjut Sign in.
Cara Unlock Bootloader Xiaomi
Gambar 2
  • Untuk unlock bootloader sekarang matikan hp kemudian hidupkan perangkat dengan cara menekan tombol power + volume(-) secara bersamaan untuk masuk ke mode fastboot.
  • Kemudian hubungkan hp dengan komputer melalui kabel usb, jika status Phone connected lanjut dengan menekan tombol Unlcok. jika not connect mungkin driver fastbootnya belum terpasang.
  • Unlock the phone will erase all phone data, whether to continue to unlco the phone? Tunggu sampai waktu selesai kemudian tekan Unlock anyway.
  • An unlocked device is an easy target for malware which may damage your device or couse financial loss. Tunggu sampai waktu habis dan tekan Unlock anyway.
Cara Unlock Bootloader Xiaomi
Gambar 3
  • Tunggu sampai proses selesai dan muncul tulisan Unlocked succesfully kemudian Reboot phone. selamat artinya kalian sudah sukses unlock bootloader xiaomi.
  • Jika muncul pesan error "Couldn't unlock. please unlock 168 hours later" artinya kamu harus menunggu selama 168 jam (7 hari) untuk mengulangi proses unlock bootloader biasanya waktu tunggu berbeda beda, ada yang seminggu bahkan ada yang sampai sebulan.
Cara Unlock Bootloader Xiaomi
Gambar 4

    Sekarang proses unlock bootloader redmi note 10 telah selesai, Jika muncul gambar gembok terbuka pada saat proses reboot artinya perangkat kalian sudah terbuka bootloadernya. atau untuk memastikannya sobat bisa masuk lagi ke opsi pengembang dan lihat Status Mi Unlock (pada langkah nomor 4) jika muncul tulisan Kunci terbuka artinya bootloader sudah benar-benar terbuka. sekarang tinggal terserah kalian untuk memodifikasi sistem yang ada atau bahkan install custom rom kalau bosen dengan sistem MIUI.
    Selain banyak manfaatnya unlock bootloader android terdapat kekurangannya seperti smartphone akan rentan terkena virus, seperti malware, spyware, adware. menghilangkan garansi, software dan hardware rentan rusak jika memodifikasi sistem yang berlebihan seperti overclock cpu, ram dan gpu.
    Pilihan ada di tangan kalian, tapi bagi saya selama kalian pintar pasti bisa awet smartphone yang digunakan, termasuk saya juga pasti melakukan modifikasi sistem untuk smartphone saya dan belum menemukan kerusakan fatal, tapi keseringan bootloop hehehehe.
Demikianlah artikel saya yang berjudul Cara Unlock Bootloader Xiaomi dan Redmi Note Semua Tipe share artikel ini ke teman teman sobat jika bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung semoga sobat semua murah rezeki dan sehat selalu.

Posting Komentar untuk "Cara Unlock Bootloader Xiaomi dan Redmi Note Semua Tipe"