Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Tips dan Trik Komputer yang Jarang Diketahui

Tips dan Trik Komputer yang Jarang Diketahui

    Hidup memang tak mudah, tapi menggunakan komputer bisa jadi mudah dengan mengetahui tips dan trik komputer yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

    Komputer merupakan alat yang sering digunakan sebagai sarana kerja, bisnis, sampai hiburan. Dalam keseharian kerja pasti kamu tak jauh dari keberadaannya komputer, gimana nggak? Semua informasi, data dan hal lainnya akan disimpan sebagai folder yang sangat aman di komputer. Tapi pernahkah kamu merasa kesulitan dalam mengelola komputer yang sebenarnya bisa saja digunakan secara mudah? Jika iya, kamu wajib tahu tips dan trik komputer di bawah ini agar mempermudah pekerjaan kamu. 

    Komputer yang memiliki sifat multifungsi digunakan manusia tanpa mengetahui signifikan manfaatnya. Sebagian orang mungkin hanya menggunakan komputer sebatas menggunakan dasar-dasar saja. Tapi kamu tahu nggak sih, bahwa komputer menyimpan kunci rahasia yang pastinya kamu nggak tahu sebelumnya. Kunci rahasia ini wajib banget kamu ketahui, apalagi fungsinya sangat berguna untuk efektifitas waktu.

    Jika kamu ingin tetap bersikeras untuk berpegang pada dasar-dasar komputer, sebenarnya nggak jadi masalah. Tapi jika kamu memiliki jiwa yang praktis dan ingin lebih produktif yang dapat mengurangi detik-detik berharga ketika bekerja. Tentu saja kamu harus memahami trik mudah komputer. Hal ini juga berguna loh agar waktu istirahat kamu lebih banyak dari biasanya. 

Tips dan Trik Komputer yang Paling Umum!

Tips dan Trik Komputer yang Jarang Diketahui

    Ada trik dasar komputer yang sangat mudah, hanya dengan menekan beberapa keyboard dikomputer maka layar komputer kamu akan menyesuaikan dengan apa yang diinginkan. Berikut ini tips dan trik komputer yang harus kamu ketahui:

1. Trik Umum 

    Trik yang paling umum ini mungkin ada beberapa dari kamu yang sudah tau, dan mungkin juga ada yang belum tahu. Diantaranya:

  • CTRL + W: Saat kamu membuka banyak tab di chrome atau peramban web lainnya. Kamu dapat menutup satu persatu tab yang sedang kamu buka dengan hanya menekan CTRL + W dengan begitu kamu akan dialihkan ke tab selanjutnya.
  • CTRL + L: Tombol ini berguna ketika kamu ingin mengubah alamat link yang ada di chrome. Kamu dapat segera mengetik untuk membuat situs web baru.
  • CTRL + T: Jika kamu berada di internet dan ingin membuka tab baru, kamu tinggal gunakan CTRL + T. Maka, trik ini akan membawa kamu ke web lain dengan cepat
  • Windows + Arrow: Jika kamu sedang membuka 2 jendela sekaligus, kamu bisa memperkecilnya dengan menggunakan Windows + Arrow Left atau Windows + Arrow Right. Sehingga kamu nggak perlu bolak balik melihat 2 jendela yang sedang dibuka
  • Windows + D: Untuk menghilangkan jendela atau folder yang sedang dibuka, kamu bisa menggunakan Windows + D maka kamu akan dibawa ke tampilan desktop.
  • Windows + L: Trik ini sangat memudahkan kamu ketika ingin mengunci layar komputer. Kamu akan dibawa ke mode lock jika ingin dibuka kembali, kamu bisa memasukan passwordnya.

2. Trik Menghemat Data

    Trik ini berkaitan dengan google, kamu bisa tahu rahasia keyword agar menemukan hal yang kamu inginkan, misalnya:

  • Ingin mengetahui waktu suatu tempat, pernah nggak kamu penasaran atau memang lagi mencari tahu waktu di suatu kota atau negara? caranya kamu bisa ketik di kolom search google “jam+kota” lalu muncul deh jam dari kota atau negara  tersebut.
  • Kalkulator pada google, kamu cukup ketik angka berapa yang akan kamu jumlah, kali ataupun bagi, setelah itu akan muncul deh hasilnya.
  • Mengatahui nilai tukar uang, misalnya kamu sedang berbelanja online, tapi harga yang dicantumkan menggunakan dollar. Kamu bisa mengetahuinya melalui google search dengan menggunakan keyword ini, contoh “50 dollar berapa rupiah” 

3. Trik Microsoft Office

    Mungkin sebagian dari kamu sudah tau rahasia cepat menggunakan fungsi CTRL ketika menulis. Selain itu ada juga loh, hal yang perlu kamu ketahui di Microsoft Word. Diantaranya:

  • Microsoft word yang lupa disimpan, ketika kamu lupa sedang menulis di word tapi belum di save sebelumnya, maka ketika komputer tiba-tiba mati word akan hilang. Dengan menggunakan trik dengan cari file lalu ketik .asd dalam file explore yang letaknya di bawah my computer, maka kamu akan menemukannya di sana. 
  • Power point bisa langsung berbentuk slide show, caranya yaitu dengan simpan file power point kamu ke dalam format (.ppsx) setelah itu tampilan langsung berubah secara slide show. Jadi kamu nggak perlu lagi deh buka file dulu.

4. Trik Random

    Trik terakhir yang wajib kamu ketahui ini berupa trik segala macam yang bisa kamu lakukan dengan efektif tanpa adanya “pendukung lain”, yaitu:

  • Download Youtube, kamu tinggal gunakan kata “ss” saja diantara www an Youtube, contoh www.ssYoutube.com/watch?v
  • Hapus akun tanpa masuk ke platform, misalnya kamu nggak mau lagi menggunakan twitter atau facebook dan mau menghapusnya secara permanen, kamu tinggal visit justdelete.me lalu cari media sosial kamu deh.
  • Cara mengetahui tab yang memakan resource paling banyak, yaitu dengan cara klik Shift+ESC. Maka akan muncul tab yang memakan resource yang membuat komputer kamu lemot. Kamu tinggal klik End Process di bagian kanan bawah.

Tips dan Trik Komputer Untuk Hiburan

Tips dan Trik Komputer yang Jarang Diketahui

    Jika sudah membahas tips dan trik komputer yang dapat memudahkan pekerjaan. Kamu juga harus tahu trik hiburan yang pastinya belum pernah kamu terpikirkan. Trik komputer ini sangat bermacam-macam, bisa untuk games atau hanya sekedar dinikmati saja. Memang kegunaanya nggak terlalu penting, tapi pasti akan menghibur kamu dikala bosan.

    Yang pertama yaitu rainymood.com website ini digunakan sebagai healing bagi kamu yang menyukai suara hujan. Misalnya kamu sedang memiliki suasana hati yang nggak baik, dengan mendengar suara hujan kamu akan merasa lebih tenang. Menurut sejumlah penelitian, bunyi hujan dapat membuat pikiran kamu relaks.

    Yang kedua yaitu bermain dengan google, peramban web yang satu ini memiliki hacks yang jarang orang ketahui. Kamu bisa ketik “Zerg Rush” di kolom search kemudian klik “saya lagi beruntung” maka kamu akan melihat rings kuning dan merah yang bertebaran. Selain itu ketik “Do a barrel roll” maka kamu akan melihat halaman google berputar-putar.

    Yang ketiga, khusus pengguna windows 10. Kamu bisa melihat fitur tersembunyi yaitu Cortana. Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk membuka aplikasi seperti melakukan pencarian web, memainkan musik bahkan kamu dapat memainkan permain kecil seperti ‘Rock Paper Scissors’, ‘Flip The Coin’, dan ‘Roll the Die’. Kemudian kamu bisa menikmatinya sebagai hiburan.

    Segera praktekan tips dan trik komputer diatas, dengan begitu kamu sudah mempermudah pekerjaanmu dengan lebih efektif. Menurut kamu apalagi trik komputer yang harus diketahui lainnya? Jika ingin mengetahui tips lainnya, yuk kunjungi blog kami ini selanjutnya.

Semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "10 Tips dan Trik Komputer yang Jarang Diketahui"