Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mencegah Masuknya Virus Komputer

Virus Komputer merupakan ancaman yang serius bagi pengguna komputer. karena virus komputer dapat merusak sistem, mencuri data-data penting, hingga menghapus data yang ada di dalam komputer. penyebaran virus sendiri terjadi lewat internet, usb flashdisk, hingga cd-rom. virus komputer mampu berjalan otomatis tanpa di sadari. banyak sekali jenis virus komputer diantaranya worm, trojan, malware, spyware. banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mencegah masuknya virus ke komputer. untuk itu baca baik-baik tips dan trik yang saya berikan.





1. Gunakan Antivirus di Komputer.
Gunakan Antivirus di Komputer
banyak antivirus di dunia ini dengan berbagai macam kelebihan-kelebihan yang mereka miliki, dari yang berbayar hingga ada yang gratis. mungkin yang berkantong tebal bisa membeli produk asli dari antivirus tersebut, karena sudah di pastikan jika produk yang berbayar dapat memaksimalkan keamanan komputer. apalagi jika seorang pebisnis dan perkantoran, sangat disarankan sekali untuk menggunakan produk yang berbayar. namun bagi yang memiliki kantong pas-pasan seperti saya sudah cukup menggunakan produk yang free saja. walaupun fitur yang dimiliki antivirus free tidak sebanyak yang dimiliki antivirus berbayar. jangan lupa untuk update secara berkala antivirus yang kamu miliki. karena sebagus dan semahal apapun antivirus yang kamu miliki jika tidak di update maka akan keok juga.

2. Hindari Menggunakan produk perangkat lunak bajakan atau hasil crack.
perangkat lunak bajakan

walaupun blog saya ini berisi perangkat lunak bajakan saya tidak mensarankan kalian untuk menggunakannya. saya sarankan kalian untuk membelinya di retail resmi produk tersebut. karena jika kalian menggunakan perangkat lunak tersebut bisa saja menimbulkan bug dan lubang berbahaya. sehingga memudahkan peretas berlalu lalang di komputer kamu, dari mulai mencuri data, hingga menghapusnya. saya pun berusaha merubah kebiasaan buruk saya membagi perangkat lunak ilegal. dan mencari perangkat lunak yang freeware alias tidak berbayar untuk pengunjung blog ini.

3. perbaharui perangkat lunak yang terpasang di komputer
perbaharui perangkat lunak

upayakan update secara berkala perangkat lunak yang kamu miliki agar celah atau bug yang ada di perangkat lunak dapat ditutupi dengan update terbaru. dengan adanya pembaharuan perangkat lunak kalian akan mendapatkan keuntungan lainnya yaitu perangkat lunak mendapatkan fitur-fitur terbaru dari vendor.

4. Menonaktifkan fitur autorun pada komputer.
fitur autorun ini cukup berbahaya apabila digunakan. autorun dapat digunakan virus untuk langsung masuk dan menyebar ke system tanpa kita ketahui. via penyebarannya biasanya melalui usb flashdisk dan CD-ROM. untuk menonaktifkan fitur autorun ini kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Klik Start > Run (atau bisa juga menekan logo windows yang ada di keyboard + R).
  • ketik gpedit.msc lalu enter.
    autorun
  • dilanjutkan dengan masuk Computer Configuration > Administratif Templates > Windows Components > Autoplay Policies. dilanjutkan dengan klik 2x turn of autoplay.
  • matikan autorun dengan memilih Enabled. kalau sudah klik Apply dan Ok.
    autorun
Sekian Tips dan Trik komputer ini saya bagikan, semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Masuknya Virus Komputer"