Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Blokir Pengguna Wifi dengan Router Totolink

 


Cara Blokir Pengguna Wifi dengan Router Totolink - Apa kabar teman teman semua? semoga teman teman semua dalam keadaan sehat dan dilindungi dari wabah yang sedang melanda dunia saat ini. Cara Blokir Pengguna Wifi dengan Router Totolink di era digital saat sekarang ini sobat sudah tidak asing lagi dengan wifi atau hotspot. Sebagian dari teman teman disini pasti ada yang memasang wifi dirumahnya, baik menggunakan Provider GSM maupun dengan Provider Fiber. Tentunya kamu pernah merasakan lag saat bermain game atau mengalami penurunan speed atau buffering saat sobat streaming film ataupun download film. tentu hal tersebut sangat mengganggu kan? awalnya sobat bisa mendapatkan speed berkisar up to 20Mbps tetapi yang di dapatkan dibawah itu. pasti kamu bertanya-tanya donk, apa yang sedang terjadi sekarang dengan wifimu? bisa jadi jawaban dari pertanyaanmu adalah wifi kamu sedang digunakan oleh orang lain, bisa jadi yang melakukannya adalah orang terdekatmu bahkan tetanggamu. tentu sangat menjengkelkan bukan?

Lantas bagaimana tindakan kamu sebagai pemilik sah dari wifimu? apakah kamu perlu mencari orangnya dan berkata "Hey jangan dipakai wifiku" kepada pengguna yang belum tau siapa pastinya? atau kamu mereset ulang password yang sudah tersebar? kalau saya bilang cara itu KUNO. hahaha Hal diatas tentunya sangat ribet dan menguras tenaga, apa lagi harus mengganti dan mengingat password wifi yang baru dan selalu berganti ganti.

Berikut ini ada tips dan trik Cara Blokir Pengguna Wifi Dengan Menggunakan Router Totolink, trik ini sudah saya coba untuk totolink N300RH, N302R dan N200RE dan kemungkinan bisa digunakan di tipe totolink yang lainnya.

Berikut ini Caranya :

  • Login ke halaman page totolink sobat kemudian masukkan Username dan Passwordnya (punya saya sudah di modif jadi tidak default lagi). Kemudian klik tombol Advanced Setup (Gambar 2)

Gambar 1

Gambar 2
  • Buka menu Wireless > Access Control > Pilih Deny Listed > Masukkan Mac Address perangkat yang akan di Blokir dari wifi > Apply. Jika sobat tidak tau Mac Addressnya sobat bisa menekan tombol Scan untuk otomatis memunculkan perangkat yang sedang terhubung ke wifi.
Gambar 3
  • Setelah muncul pilih IP Address atau MAC Address yang mencurigakan menurut sobat kemudian pilih / select nanti akan terisi otomatis dikolom mac address. disini target saya yang mempunyai MAC Address 7c:2a:db:af:87:b8. kemudian tekan tombol Apply (Gambar 3)
Gambar 4
  • Setelah menekan tombol Apply, jika sukses sobat bisa melihat daftar list yang diblokir seperti dibawah ini. untuk menghapus dari daftar blokir, sobat bisa menekan tombol Delete All, atau dengan memilih satu per satu kemudian pilih Delete Selected.
Gambar 5

Bagaimana sob? sangat mudah kan untuk implementasi nya? untuk harga routernya sendiri berkisar antara 100 ribuan sampai 200 ribuan. Untuk beberapa merk router bisa menggunakan teknik yang sama seperti merk TP-Link hanya saja caranya berbeda. Banyak fitur yang dapat sobat gunakan dengan menggunakan router totolink ini seperti memanajemen bandwith, ganti dns, memasang vpn dan lain lain. Mungkin akan saya bahas dimasa yang akan datang.

Jika tulisan ini bermanfaat tolong di share ke keluarga, pacar, teman, sahabt dan sosmed kamu. Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sehat selalu..

Posting Komentar untuk "Cara Blokir Pengguna Wifi dengan Router Totolink"