Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan 20211

PENGERTIAN ANIMASI 2D DAN ANIMASI MOTION GUIDE ADOBE FLASH CS6

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hallo teman-teman kembali lagi kita di serupting.net
Hari ini kita akan mempelajari apa yang dimaksud dengan Animasi 2D dan belajar membuat objek bergerak menggunakan garis lintasan yang disebut dengan Animasi Motion Guide.

Animasi 2D adalah sebuah gambar yang bergerak cepat menciptakan ilusi pergerakan berbentuk 2 dimensi. Biasanya Animasi 2 dimensi terdiri dari gambar vektor dan gambar bitmap dengan cara menginterpretasikan input, menghitung, dan menampilkan output grafis.

Animasi 2 dimensi terdiri dari Animasi Cel dan Animasi Path.

a. Animasi Cel atau biasa disebut dengan Animasi Celluloid merupakan teknik animasi berupa lembaran-lembaran berisikan gambar yang nantinya akan menghasilkan animasi tunggal. Misalnya, gambar objek, dan gambar latar belakang (Background) terpisah sehingga bisa bergerak secara mandiri. Contoh dari Animasi Cel ialah film Pinokio, Film Scoobidoo, Film Tom And Jerry dan Fillm lainnya yang mana prinsip dari pembuatan Animasi Cel ini membutuhkan banyak lembaran-lembaran yang berisikan gambar dengan proses pekerjaan yang lama dan rumit apabila objek atau karakter di dalam cerita jumlahnya banyak.

b. Animasi Path merupakan animasi pergerakan objek yang mengikuti garis lintasan yang telah ditentukan. Animasi Path menggunakan sistem perulangan sehinga gambar dapat bergerak secara terus-menerus (berulang). Animasi jenis ini biasanya disebut dengan Animasi Motion Guide. Animasi Motion Guide adalah animasi yang bergerak mengikuti jalur lintasan yang dibuat. Dalam pembuatan animasi dasar Motion Guide kita memulai membuat 2 layer, 1 layer untuk objek yang akan digerakkan 1 layer lagi untuk garis lintasannya.  Contoh dari animasi ini adalah Animasi Kereta Api, Animasi Balon Terbang, Animasi Pesawat Terbang, Animasi Kupu-Kupu, dan Animasi Lainnya. Berikut cara membuatnya... 

Pada layer 1 buat objek sederhana boleh berbentuk lingkaran, persegi atau bentuk lainnya. Lalu klik kanan pada layer 1 pilih Add Classic Motion Guide, maka akan menjadi 2 layer. Klik layer guide lalu buat garis lintasannya. 

Kemudian gunakan Free Transform Tool untuk memindahkan objek lalu dekatkan titik koordinat objek ke ujung garis awal lintasan.

Di layer 1 Insert Keyframe pada Frame ke 50, di layer Guide Insert Frame pada Frame 50. Lalu pindahkan objek ke ujung garis akhir lintasan dan dekatkan titik koordinatnya.

Langkah terakhir adalah klik kanan Create Classic Tween di layer 1 di antara Frame 1 - Frame 50. Untuk melihat hasilnya CTRL + Enter.

Catatan :

Dalam memahami pelajaran ini penting sekali belajar dasarnya terlebih dahulu, untuk apa? Agar kamu mengerti arah dari pembelajaran ini. Memahami prinsip dari Animasi Motion Tween, Shape Tween, Classic Tween, Frame by Frame, Motion Guide, dan Masking akan membantu kamu dalam membuat karya animasi yang keren dan layak buat dipamerin. Kalau kamu serius dalam mempelajarinya maka kamu akan berhasil.

So tetap semangat ya 😊

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN ANIMASI 2D DAN ANIMASI MOTION GUIDE ADOBE FLASH CS6"