Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan 20211

MUDAH BELAJAR FLASH CS6 UNTUK PEMULA FLASH CS6 PENGETAHUAN DASAR + MEMBUAT GRADASI OBJEK SHAPE

Cara gampang belajar bikin animasi menggunakan Adobe Flash CS6 + Membuat gradasi Objek Shape

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat datang di serupting.net sekarang saya akan ngasih tau cara menggunakan Adobe Flash CS6 untuk itu kita belajar dasarnya dulu ya...

Untuk bisa menguasai aplikasi Adobe Flash CS6 kamu harus memahami pelajaran dasarnya dulu baru nantinya gampang banget bisa membuat animasi sederhana setelah itu bisa membuat animasi yang keren. Langsung aja ya... 

1. Jalankan Adobe Flash CS6
Jalankan Adobe Flash CS6 dengan cara klik 2 kali pada icon atau klik start > all program > Adobe Master Collection CS6 > Adobe Flash CS6 maka akan muncul tampilan seperti ini.

2. Fungsi Item pada Tampilan Adobe Flash CS6
    a) Create From Template
berfungsi untuk membuka lembar kerja dengan templat yang tersedia
        dalam program Adobe Flash CS6.
    
    b) Create New
berfungsi untuk membuka lembar kerja baru dengan beberapa pilihan script yang
        tersedia.
 
  
c) Learn
berfungsi untuk membuka jendela help yang berguna untuk mempelajari suatu perintah.

  
d) Open a Recent Item
berfungsi untuk membuka kembali file yang pernah disimpan atau yang
        pernah dibuka sebelumnya.

3. Buka Lembar Kerja
Untuk pembelajaran dasar, buka lembar kerja dengan memilih Action Script 2.0.


4. Workspace (Lingkungan Kerja)
Lingkungan kerja (workspace) Adobe Flash CS6 terdiri dari beberapa komponen utama yang wajib dipelajari sebagai berikut.

a) Menu Bar dikenal dengan baris menu yang terdiri dari 11 elemen utama dan setiap submenu memiliki perintah dibawahnya.

b) Tool Bar/Tool box
dikenal dengan panel yang menampung alat atau tombol yang berguna dalam membuat suatu desain animasi mulai dari alat atau tombol seleksi, pen, pensil, text, 3d rotation dan lainnya.


c) Panel Timeline digunakan untuk menentukan jumlah layer, durasi animasi, frame, penempatan script, dan lainnya.

d) Panel Color berisikan kumpulan warna-warna yang digunakan untuk mengatur, memberi dan menambah warna pada objek yang akan dibuat.

e) Property Bar/Property Inspector
digunakan untuk menampilkan informasi ukuran, posisi serta status objek yang sedang dipilih, mengatur setting stage, atribut objek beserta penggunaan filter hingga proses publikasi pada movie flash.

f) Stage identik dengan lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain objek yang akan dianimasikan. Jenis-jenis objek yang dapat dibuat dalam lembar kerja antara lain objek gambar, video, teks, tombol, dan lainnya.

Nah bila sudah memahami penjelasan diatas maka langkah selanjutnya adalah membuat objek shape.

5. Membuat Objek Shape dan Gradasi Warna Objek
Sebelum membuat objek shape pastikan stroke color pada tool bar tidak aktif dikarenakan dalam pembuatan animasi langkah yang sering dilakukan ialah memindahkan objek, objek shape yang dipindahkan akan meninggal garis tepi dari objek shape, itu akan membuat animasi menjadi rusak. Langkah pertama dalam pembuatan objek shape ialah pilih tools Rectangle Tool dan pastikan tools Objek Drawing tidak aktif.


Pada pembuatan gradasi warna objek shape, seleksi objek menggunakan selection tool lalu pilih color pada color panel > linear gradient lalu atur warna gradasi dengan cara klik sekali pada kotak warna untuk menambah warna dan untuk menghapusnya klik warna lalu seret hingga tanda warna hilang. Pembuatan gradasi objek shape selesai.


Posting Komentar untuk "MUDAH BELAJAR FLASH CS6 UNTUK PEMULA FLASH CS6 PENGETAHUAN DASAR + MEMBUAT GRADASI OBJEK SHAPE"