Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan 20211

Membuat Objek Bergerak Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6 Shape Tween, Classic Tween, dan Frame by Frame

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo teman-teman
Banyak orang berpikir membuat animasi itu sulit dan proses belajarnya juga sulit. Membuat animasi membutuhkan kreativitas berpikir yang tinggi itu sebabnya banyak orang berpikir sulit. 

Namun kalau saya bilang membuat animasi itu tidak sulit hanya perlu mengetahui prinsip dasarnya saja sudah bisa bikin animasi sisanya berjalan sesuai dengan kreativitas dan tidak perlu merasa terbebani karena sebenarnya yang sulit itu tidak mau belajar namun ingin hasil yang terbaik. Ok

Jadi langsung saja kita pelajari ya...

Sekarang kita akan belajar membuat objek bergerak menggunakan 3 cara yaitu Shape Tween, Classic Tween dan Frame by Frame. Sebelum kita mulai membuat objek bergerak kita harus bisa memahami prinsip dasar dalam membuat objek bergerak yaitu mengaktifkan Tweening.

Apa itu Tweening??
Tweening merupakan proses pembuatan animasi dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru.

Fungsi utama Tweening yaitu menggerakkan objek dari satu tempat ke tempat lainnya.

1. Shape Tween
Menggerakkan objek dengan mengubah bentuk objek 1 ke objek lain. Shape Tween hanya dapat digunakan pada objek shape. Shape tween tidak dapat digunakan pada objek group, symbol, dan teks. Berikut cara pembuatannya ...

Pastikan Stroke Color pada Tool Bar mati. Atur warna pada Fill Color > Oval Tool > buat objek lingkaran di posisi awal > Klik kanan Insert Blank Key Frame pada Frame 25 > Rectangle Tool > atur warna melalui Fill Color > buat objek persegi di posisi akhir > klik kanan pada Frame 10 (diantara Frame 1 - Frame 25) > Create Shape Tween > CTRL + Enter untuk melihat hasil.

2. Classic Tween
Menggerakkan objek dari posisi awal sampai dengan posisi akhir. Berikut cara pembuatannya ...

Pastikan Stroke Color pada Tool Bar mati. Atur warna pada Fill Color > PoliStar Tool > buat objek persegi enam di posisi awal > Klik kanan Insert Key Frame pada Frame 25 > pindahkan objek ke posisi akhir > klik kanan pada Frame 10 (diantara Frame 1 - Frame 25) > Create Classic Tween > CTRL + Enter untuk melihat hasil.

3. Frame by Frame
Teknik menggerakkan objek diam menjadi bergerak menggunakan banyak frame. Teknik pembuatannya dengan cara mengisi tiap-tiap frame dengan objek yang berbeda bentuk atau berbeda gambar dengan menentukan jarak pergerakannya. Berikut cara pembuatannya...

Buat objek boleh objek lingkaran > Klik kanan Insert Key Frame pada Frame ke 2 lalu ubah bentuk objek > Klik kanan Insert Key Frame pada Frame ke 3 lalu ubah bentuk objek > Klik kanan Insert Key Frame pada Frame ke 4 lalu ubah bentuk objek > Klik kanan Insert Key Frame pada Frame ke 5 lalu ubah bentuk objek > lakukan terus sampai bentuk yang diinginakan telah sesuai.

Klik kanan Insert Key Frame bisa diganti dengan tekan tombol F6 pada Keyboard.



Posting Komentar untuk "Membuat Objek Bergerak Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6 Shape Tween, Classic Tween, dan Frame by Frame"